UANG GAJI ABU BAKAR R.a Dari Baitul Mal



UANG GAJI ABU BAKAR R.a Dari Baitul Mal Abu bakar R.a adalah seorang pedagang kain dan melewati hari2nya dg berbisnis itu . ketika beliau di angkat menjadi khalifah , sebagaimana beliau pun pergi ke pasar pd pagi hari dg membawa beberapa kain utk di jual di sana. Ditengah perjalanan ia bertemu dgn umar R.a. umar pun bertanya ‘hai abu bakar mau kemana engkau ? “kepasar” jawab Abu bakar. Umar R.a berkata “Apabila engkau sibuk dg perdaganganmu ,lalu bagiamana dgn urusan kekhalifahan abu bakar berkata ‘kalau demikian .bagaimana aku menafkahi anak dan isteriku,’ Umar R.a berkata,”mari kita pergi menemui abu ubaidah yg di beri gelar oleh Rasulullah Saw. gelar aminulummah (orang kepercayaan umat ), dia akan menetapkan gaji bagimu dari baitul mal. keduanya pun pergi menemui Abu ubaidah R.a. maka Abu Ubaidah menetapkan tunjangan utk Abu Bakar R.a sebagaimana yg di tetapakan bagi setiap muihajir tanpa pengurangan dan penambahan . pada suatu ketika, isterinya memohon kpd Abu Bakar R. a ,” aku ingin makan manisan Abu bakar R.a berkata “aku tidak punya uang utk membelinya isterinya berkata,”kalau engkau setuju,aku akan menyisihkan sedikit uang dari pembelanjaan setiap hari ,sehingga dlm beberapa haari uang akan berkumpul .”maka Abu Bakar sidiq pun mengijinkan. 

 Isterinya telah menyisihkan uang sedikit demi sedikit, sehingga dalam beberapa hari uang itu sudah terkumpul. isterinya menyerahkan uang itu kpd Abu Bakar untuk dibelikan bahan manisan. Abu Bakar R.a berkata, “ dari pengalaman ini aku tahu bahwa, kita mendapatkan gaji yang berlebihan dari baitul mal. “ Oleh karena itu uang yang dikumpulkan istri dikembalikan ke baitul mal dan mengurangi gajinya untuk selanjutnya sebanyak yang dikunpulkan oleh istrinya setiap hari. 

Kita harus senantiasa mengamalkan sunah2 rasul agar bahagia dunia dan akhirat. tidak ada hijrah setelah makkah di taklukan, hijrah dr sifat buruk ke baik , dan hijrah dari sifat maksiat ke taat kpd Allah yg menyempitkan dan melapangkan rejeki setiap manusia Allah maha adil , Allah berjanji akan memberikan keberkahan rejeki kpd orang yg mengamalkan agama. barang siapa yg mengamalkan agama maka Allah berjanji akan memberikan kebahagiaan. semua kesusahan diakibatkan karena kita lalai . brg siapa yg menyempurnakan agama maka Allah akan member kebahagiaan. semua amal buruk akan menyusahkan manusia saja. 

Nabi Ibrahim hidup di jaman namrud seorang raja yg jalim bahkan mengaku tuhan dan nabi Ibrahim di bakar dari api yg panas tapi Allah menyalamatkanya , dan nabi Ibrahim bahagia karena dia mengamalkan ajaran Allah. kata Allah jg menyalahkan pemerintah jika kita mengalami kesusahan. Kesusahandi akibatkan karena amal buruk kita zamaah arab ber ata kpd orang Indonesia Arrijalu alunsa kal anamartinya laki2 dan wanita seperti binatang karena bebasnya pergaulan ya wanita yg bukan muhrim bila terdengar oleh lelaki harami Hadis qudsi yg artinya’ wahai hambaku jg mencaci maki kejaliman pemerintah mereka ada di tanganku barang siapa yg taat kpdku akan di jadikan lemah lembut hatinya jika kamu tdk taat kpdku niscaya akan aku buat mereka hati yg keras Barang siapa perbaiki hubunganya dg Allah mk Allah akan perbaiki hubunganya dg manusiaHarga barang naik kr dosa kita andai kat a penduduk dunia takwa kpd Allah akan di beri kesejahteraan dan keberkahan sedekah menyembuhkan penyakit bersabar akan sehat

Komentar